Artikel

Manfaat Hidrogen Peroksida (H202) Untuk Gardening

Anda pasti memiliki beberapa hidrogen peroksida di lemari obat Anda dan menggunakannya pada luka dan goresan kecil, tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat menggunakan hidrogen peroksida di kebun? Sebenarnya ada sejumlah kegunaan taman untuk hidrogen peroksida. Baca terus untuk mengetahui cara menggunakan hidrogen peroksida untuk tanaman. 

Hidrogen peroksida berguna dalam berbagai tanaman yang dibesarkan di bawah taman hidroponik, bedengan, atau rumah kaca. Ini melepaskan oksigen dan bertindak sebagai suplemen oksigen untuk tanaman. Tampaknya sangat mendukung kesehatan yang baik dan pertumbuhan yang kuat untuk tanaman. Hidrogen peroksida juga dapat membantu jamur tanah. itu mengangin-anginkan tanah, dan itu anti jamur. (Ini juga anti bakteri).

Banyak organisme penyebab penyakit dan spora dibunuh oleh O. Pelepasan O-H2O2 gratis sangat efektif dalam hal ini. H2O2 dapat membantu menghilangkan infeksi yang ada dan membantu mencegah infeksi di masa mendatang. Atom O bebas dapat menghancurkan bahan organik mati (yaitu akar daun) yang membusuk dan menyebarkan penyakit.

Cara Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida dapat digunakan untuk salah satu dari berikut ini di kebun: 

  1. Pengendalian hama
  1. Mengobati busuk akar
  1. Benih pra-perawatan
  1. Semprotan daun untuk membunuh jamur
  1. Pencegahan infeksi pada pohon yang rusak

Meskipun juga telah digunakan sebagai “pupuk” umum baik yang ditambahkan selama penyiraman atau disemprotkan ke dedaunan, hidrogen peroksida bukanlah pupuk, tetapi dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman. Bagaimana sebenarnya? Hidrogen peroksida membantu mendorong pertumbuhan akar yang sehat karena molekul oksigen ekstra. Oksigen dapat membantu akar tanaman menyerap nutrisi dari tanah. Oleh karena itu, tambahan sedikit oksigen ini memungkinkan akar menyerap lebih banyak nutrisi, yang berarti pertumbuhan lebih cepat, lebih sehat, dan lebih kuat. Dan sebagai bonus, hidrogen peroksida dapat membantu mencegah bakteri / jamur yang tidak diinginkan yang mungkin bersembunyi di taman.

Untuk memberi tanaman tambahan oksigen atau untuk pengendalian hama menggunakan larutan 3%, tambahkan 1 sendok teh per cangkir air ke dalam botol semprot dan semprotkan tanaman. Jumlah ini juga cocok untuk benih pra-perawatan untuk mengendalikan infeksi jamur. Untuk tanaman yang busuk akar atau infeksi jamur, gunakan 1 sendok makan per cangkir air. Solusinya dapat dibuat dan disimpan untuk penggunaan di masa mendatang, tetapi pastikan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan gelap karena paparan cahaya mengurangi keampuhannya.

Sumber :

https://www.researchgate.net/post/What-are-the-benefits-of-hydrogen-peroxide-for-plant

https://www.gardeningknowhow.com/garden-how-to/soil-fertilizers/using-hydrogen-peroxide-in-garden.htm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *